Selamat Datang



Selamat datang pada halaman utama Sistem Estimasi dan Peramalan Produksi Padi di Provinsi Jawa Barat.

Pendekatan statistik pertanian ini dilakukan dengan pendekatan statstik spasial dikenal dengan sebutan Kerangka Sampel Area (KSA). Penyusunan rancangan kerangka area didasarkan atas kaidah-kaidah statistik, dimana sampel segmen berukuran 500 m x 500 m ditentukan dengan acak sistematis (Sistematic Random Sampling). Survai lapangan terhadap fase pertumbuhan padi dilakukan pada seluruh sampel segmen yang telah ditentukan. Estimasi dan peramalan luas tanaman padi dilakukan dengan ekstrapolasi dari sampel ke populasi. Sedangkan produktivitas padi diperoleh dari data ubinan (cutting plot) dari BPS Kabupaten. Produksi dihitung dari hasil perkalian luas panen dengan proktivitas.

Sistem ini juga dilengkapi dengan teknologi komunikasi data, dimana data hasil survai di setiap sampel segmen langsung dikirim ke SMS server yang ada di pusat (BPPT). Penghitungan luasan padi langsung dilakukan begitu data lapangan diterima oleh SMS server (quick count).

Kegiatan estimasi dan peramalan produksi padi dapat dilaksanakan bekat kerjasama antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Pemda Setempat (Dinas Pertanian) serta pihak-pihak terkait lainnya.

Semoga aplikasi KSA untuk estimasi dan peramalan produksi padi ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas data statistik padi pada khususnya dan statistik pertanian pada umumnya, sehingga dapat membantu pengambilan keputusan dalam pengelolaan pertanian.